Alat Transportasi Darat Bus



Pengertian Alat Transportasi Darat Bus
Bus merupakan jenis alat transportasi darat yang berfungsi untuk membawa penumpang dalam jumlah banyak. Ukuran dan berat kendaraan bus ini lebih besar dari pada mobil penumpang biasa. Istilah bus sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu omni bus, yang berarti kendaraan yang berhenti di semua perhentian.

Sejarah Alat Transportasi Darat Bus
Awal mula kendaraan bus muncul yaitu ketika kendaraan bermotor menggantikan kuda sebagai alat transportasi pada tahun 1905-an. Pada waktu itu, omnibus bermotor disebut dengan autobus. Istilah autobus masih digunakan sampai saat ini oleh negara Perancis dan negara Inggris. Omnibus pertama kali dioperasikan di negara Amerikat Serikat pada tahun 1827. Pemilik pertama perusahaan omnibus adalah Abraham Brower.

Kemajuan omnibus paling penting adalah mobil jalanan, dimana mobil jalan pertama ditarik oleh kuda. Yang membedakannya adalah keberadaan rel-rel yang terbuat dari baja yang diletakkan ditengah-tengah jalanan. Demikian juga dengan roda-roda mobil jalanan terbuat dari baja, supaya tidak merusak rel. Mobil jalanan pertama dioperasikan di Jalan Browery, New York. Pemiliknya adalah John Manson dan dibuat oleh orang keturunan dari Irlandia yang bernama John Stephenson.

Pada awalnya, bus merupakan sebuah alat transportasi darat yang jalannya ditarik oleh kuda. Kemudian pada tahun 1830-an bus bertenaga uap mulai diciptakan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, bus bertenaga mesin konvensional mulai bermunculan, dengan seperangkat kabel-kabel yang berada di beberapa tempat dalam jumlah yang banyak. Selanjutnya, bus bertenaga mesin muncul bersamaan dengan perkembangan mobil. Setelah kendaraan bus bertenaga mesin muncul yaitu pada tahun 1895, berbagai macam model bus dikembangkan, sampai akhirnya tersebar luas berbagai bentuk bus yang utuh mulai dari tahun 1950-an. Kendaran bus menjadi sangat populer pada awal abad ke-20 karena Perang Dunia I. Saat itu, sebagian besar sarana rel dialokasikan untuk kebutuhan perang dan banyaknya mobil pribadi, sehingga diperlukan alat transportasi darat bus yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak.
Sekarang ini, kendaraan bus di Indonesia dapat dibagi ke dalam berbagai kategori, yaitu berdasarkan ukuran, jenis, kelas dan jarak. Berdasarkan ukuran, kendaraan bus dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu bus ukuran besar, bus ukuran sedang dan bus ukuran kecil. Sedangkan jenis bus berdasarkan kelas dibedakan menjadi bus kelas ekonomi, bus kelas bisnis, bus kelas executive dan bus kelas super executive. Pembagian kategori berdasarkan kelas ini ditentukan oleh beberapa fasilitas yang disediakan oleh bus.
Jenis bus berdasarkan jarak adalah bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Bus AKAP adalah angkutan bus dari satu kota menuju  kota lain melalui antardaerah kabupaten atau kota yang melalui lebih dari satu daerah provinsi dengan menggunakan mobil bus umum yang terikat dalam trayek. Ada lagi bus antarkota dalam provinsi yang mengangkut penumpang dari satu kota menuju kota lain yang melalui antardaerah kabupaten/kota dalam satu daerah provinsi. Selain itu, masih ada juga bus kota, seperti metromini, patas, dan sebagainya, serta bus perdesaan.

Jenis-jenis bus dan penjelasannya

Coach / motorcoach
Coach atau motorcoach adalah kendaraan bus yang didesain khusus untuk berpergian dengan jarak yang jauh dibandingkan dengan bus biasa. Karena digunakan untuk perjalanan yang jauh, motorcoach dilengkapi dengan tempat duduk yang lebih nyaman, sebuah ruangan yang difungsikan sebagai bagasi serta dilengkapi dengan AC, ruang toilet dan sistem audio/video. Mesin dari motorcoach yang digunakan harus mampu menempuh perjalanan yang belum tentu mulus/bagus dibeberapa daerah. Motorcoach dilengkapi juga dengan pelindung kaca depan sebagai protektor dari aksi pelemparan kaca yang sengaja dilakukan oleh orang yang jahil.
Coaches atau motorcoach merupakan sebuah alat transportasi darat bus yang sangat fleksibel. Motorcoach dapat digunakan untuk perjalanan parawisata, perjalanan liburan atau perjalan jarak jauh antarkota. Di Indonesia motorcoach dikenal sebagai Bus antarkota.

Foto Bus Motorcoach
Foto Gambar Bus Jenis Motorcoach Beroda Enam Buah

foto motorcoach transportasi darat
Foto Gambar Mobil Bus Motorcoach digunakan untuk perjalanan jauh

foto motorcoach bus
Foto Gambar Mobil Bus Motor coach

foto jenis bus motorcoach
Foto Gambar Bus Motorcoach berwarna gelap

foto motorcoach mewah
Foto Gambas Motorcoach Alat Transportasi Darat Bus

foto Motorcoach transportasi darat
Foto Gambar Bus Motorcoach Berwarna Putih



Bus Tingkat
Bus tingkat merupakan sebuah kendaraan bus yang dirancang dua lantai, tujuannya adalah agar bus tersebut dapat memuat penumpang lebih banyak dibandingkan dengan bus biasa. Bus tingkat dikenal sebagai alat transportasi umum di Jakarta dan juga di beberapa kota besar di luar negeri seperti London, Bombay, Hongkong, Singapura dan banyak lagi.

Foto Bus Tingkat Model Masa Kini
Foto Gambar Bus Tingkat Masa Kini

Foto Pameran Bus Tingkat
Foto Gambar Pameran Bus Tingkat

Fotot Bus Tingkat Milik Metrobus
Foto Gambar Bus Tingkat Metrobus

Foto Bus Tingkat Roda Enam
Foto Gambar Bus Tingkat Roda Enam

foto Bus Tingkat Model Lama
Foto Gambar Bus Tingkat Model Lama

Fotot Bus Tingkat di Luar Negeri Warna Biru
Foto Gambar Bus Tingkat di Luar Negeri

fotot Bus Tingkat dengena Model Keren
Foto Gambar Bus Tingkat Keren

foto Bus Tingkat Tanpa Atap
Foto Gambar Bus Tingkat Tanpa Atap

foto Bus Tingkat - Doubke Decker warna putih
Foto Gambar Bus Tingkat - Doubke Decker

Bus Sekolah
Bus Sekolah merupakan Bus yang berfungsi sebagai alat transportasi untuk mengangkut anak-anak sekolah dari rumah mereka menuju sekolah atau sebaliknya dari sekolah menuju rumah, yang jarak antara rumah dan sekolah terlalu jauh untuk ditempung dengan berjalan kaki. Di Amerika bus sekolah biasanya memiliki warna cat khusus yaitu warna kuning, dilengkapi dengan lampu peringatan lalu lintas, disertai pula perlengkapan pengaman lainnya yang digunalan para penumpang yang naik atau turun dari bus sekolah tersebut. Bus sekolah pada umumnya dioperasikan oleh distrik sekolah atau oleh perusahaan penyedia jasa angkutan bus sekolah yang dikontrak.
Di Britania Raya, First Studen memperkenalkan bus-bus berwarna kuning. Namun demikian, kebanyakan jasa pelayanan bus sekolah dioperasikan dengan bus-bus biasa. Di beberapa negara lain, bus sekolah tidak selalu berwarna kuning. Di Boenos Aires misalnya, bus sekolah diberi warna cat orange dan diberi tulisan “escolares”. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pernah mencoba memperkenalkan bus sekolah, namun proyek ini tidak berhasil diteruskan, karena banyak didapati penumpang yang bukan murid sekolah juga ikut menumpang bis sekolah tersebut. Beberapa sekolah swasta di beberapa daerah di Indonesia menyediakan pelayanan bus sekolah bagi siswa-siswinya.

Foto Bus Sekolah Berwarna Kuning
Foto Gambar Bus Sekolah Umumnya Berwarna Kuning

foto Bus Sekolah Milik Trinity Transportation
Foto Gambar Bus Sekolah Milik Perusahaan Trinity Transportation

Foto Bus Sekolah Milik Villani Bus
Foto Gambar Bus Sekolah Milik Perusahaan Villani Bus

Foto Bus Sekolah
Foto Gambar Bus Sekolah

foto School Bus di Luar Negeri
Foto Gambar School Bus


Bus Belajar
Alat transportasi darat bus tidak hanya digunakan untuk mengangkut penumpang, namun dipergunakan pula untuk keperluan pendidikan, yaitu Bus Belajar. Bus belajar merupakan sebuah bus khusus yang berfungsi untuk untuk melatih keterampilan mengemudi para supir bus. Bus ini biasanya dimiliki perusahaan bus sebagai sarana pendidikan para sopir busnya dan orang yang ingin menjadi sopir bus. Pelatihan mengemudikan bus dikalan merupakan bagian yang sangat pendting dari pendidikan ini, layaknya pendidikan mengemudi mobil biasa.


Beberapa Video Tentang Alat Transportasi Darat Bus


Prevost H-Series Motorcoach Features  


2015 Challenger Luxury Gas Class A Motorhomes from Thor Motor Coach 

Bidvertiser