Tank Kendaraan Tempur Lapis Baja

Kendaraan tempur lapis baja (armoured fighting vehicle, AFV) adalah sebuah kendaraan tempur militer yang memiliki lapisan baja sebagai pelindung serta dipersenjatai dengan senjata api. Kendaraan tempur lapis baja ini dirancang agar dapat berjalan pada medan yang sulit.

Jenis-jenis Kendaraan Tempur Lapis Baja

Kendaraan tempur tank lapis baja dapat dibagi menurut peran dan karakteristiknya.

Main Battle Tank

Main battle tank adalah kendaraan tempur lapis baja, yang berjalan menggunakan roda tapak, sehingga mempunyai mobilitas yang tinggi untuk berjalan dengan lancar di segala medan operasi.
Ciri utama MBT ini adalah pelindungnya berupa lapisan baja yang berat dan kuat, mempunyai senjata berupa meriam yang besar, serta mempunyai pergerakkan yang tinggi di segala medan dengan Lancar. Harga kendaraan MBT ini adalah mahal dan memerlukan persediaan logistik yang banyak, meskipun begitu, tank adalah senjata sangat tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern, dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat apapun, dan shock value-nya terhadap infanteri. Berikut adalah kumpulan foto atau gambar Tank Lapis Baja:

Foto Kendaraan Tempur Lapis Baja Tank
Gambar Tank Kendaraan Lapis Baja
Foto Main Battle Tank MBT-70
Gambar MBT-70 Main Battle Tank
Foto Russian T-95 main battle tank
Gambar Russian T-95 main battle tank
Foto MBT T-90
Gambar T-90 main battle tank


Kendaraan Tempur Pengangkut Personel Lapis Baja

Kendaraan pengangkut personel lapis baja (bahasa Inggris: Armoured personnel carrier atau APC) adalah kendaraan tempur lapis baja ringan yang dirancang untuk mengangkut para prajurit infanteri di medan perang. Kendaraan APC biasanya hanya memiliki senapan mesin saja, tapi varian-variannya bisa saja dilengkapi dengan senjata meriam, peluru kendali anti-tank, atau mortir. Kendaraan APC ini sebenarnya tidak dibuat untuk melakukan peperangan langsung, melainkan untuk membawa prajurit infanteri secara aman terlindungi dari tembakan senjata ringan dan pecahan-pecahan ledakan. Kendaraan APC bisa menggunakan roda ban biasa maupun roda rantai.

Foto APC M3 Bradley
Gambar Tank APC M3 Bradley

Foto Armoured personnel carrier APC
Gambar Tank Armoured personnel carrier

Foto Kendaraan Tempur Pengangkut Personel Lapis Baja
Gambar Kendaraan Tempur Pengangkut Personel Lapis Baja

Foto Kendaraan pengangkut personel lapis baja
Gambar Kendaraan pengangkut personel lapis baja


Kendaraan Tempur Lapis Baja Infanteri

Kendaraan tempur lapis baja infanteri (bahasa Inggris: Infantry fighting vehicle atau IFV) adalah kendaraan pengangkut prajurit infanteri berlapis baja yang mempunyai persenjataan yang lebih berat, dan mampu digunakan untuk pertarungan secara langsung. Kendaraan lapis baja ini mempunyai lapisan pelindung baja yang lebih tebal dari pengangkut personel lapis baja, dan mempunyai persenjataan yang dapat menghancurkan pengangkut personel lapis baja lawan, seperti meriam otomatis dan peluru kendali anti-tank.

Kendaraan seperti ini sudah digunakan untuk menggantikan peran tank ringan, digunakan untuk pengintaian, serta juga dipakai oleh satuan penerjun payung yang tidak mungkin membawa tank yang berat.

Panser

Kendaraan panser, disebut penghancur tank (Tank destroyer), dipakai untuk memberikan dukungan melawan tank pada operasi bertahan atau mundur. Kendaraan ini dapat dipersenjatai dengan meriam anti-tank atau dengan peluru kendali anti-tank.

Kendaraan penghancur tank ini tidak dapat menggantikan tank, karena kendaraan panser tidak fleksibel seperti tank, karena kendaraan panser ini tidak memiliki perlindungan terhadap infanteri yang baik. Tetapi kendaraan panser lebih murah biaya produksinya dan juga biaya perawatannya dibandingkan dengan tank.


Kendaraan Lapis Baja Tank Altileri

Kendaraan Lapis Baja Tank Altileri adalah sebuah meriam artileri yang diberikan alat transportasi terintegrasi, yang bisa merupakan badan kendaraan lapis baja dengan roda rantai maupun roda biasa. Ini membuat tank artileri dapat berjalan dengan lebih cepat, mengikuti kecepatan peperangan lapis baja, membuatnya dapat bergerak dan mencapai jarak jangkau dengan cepat, serta menghindari serangan artileri balasan dan serangan senjata ringan.

Kendaraan Meriam Serbu adalah tank artileri yang fungsinya untuk mendukung pasukan infanteri. Kendaraan tank altileri biasanya dipersenjatai dengan meriam otomatis yang dapat menembakkan peluru berdaya ledak tinggi, cocok untuk melawan tentara musus yang bersembunyi di parit.


Bidvertiser