Helikopter Agusta Westland AW 109

Agusta AW 109 adalah Helikopter ringan, bermesin ganda, delapan kursi multi-tujuan dibangun oleh produsen Anglo-Italia AgustaWestland. Dikembangkan sebagai A109 Agusta, helikopter awalnya mulai beroperasi pada tahun 1976 dan sejak itu telah digunakan dalam berbagai peran, termasuk transportasi ringan, medevac, search-and-rescu, dan peran militer. AW109 telah di produksi secara kontinyu selama 40 tahun. AgustaWestland AW119 merupakan turunan dari AW109, perbedaan utama adalah bahwa hal itu didukung hanya oleh mesin tunggal sebagai gantinya.

 

Desain dan Pengembangan Helikopter AW 109

Pada akhir 1960-an, Agusta merancang A109 sebagai helikopter komersial bermesin tunggal. Hal ini segera disadari bahwa desain twin-mesin dibutuhkan dan itu dirancang ulang pada tahun 1969 dengan dua mesin turboshaft Allison 250-C14. Sebuah versi militer diproyeksikan (yang A109B) dianggap awal tapi Agusta awalnya memilih untuk tidak mengejar pembangunan, bukan berkonsentrasi pada versi A109C delapan kursi. Yang pertama dari tiga prototipe melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 4 Agustus 1971. Penerbangan tahap pengujian pembangunan itu berkepanjangan, yang mengarah ke pesawat produksi pertama yang selesai hampir empat tahun kemudian pada bulan April 1975. Penyerahan produksi A109s dimulai pada awal tahun 1976.
Setelah dirilis, pesawat tak lama menjadi sukses secara komersial, yang sering digunakan untuk peran selain sebagai transportasi ringan; ini termasuk peran ambulans udara dan pencarian dan penyelamatan. Pada tahun 1975, Agusta kembali lagi ke kemungkinan versi militer, sehingga uji coba dilakukan antara tahun 1976 dan 1977 menggunakan total lima A109As dilengkapi dengan Hughes Aircraft rudal TOW. Dua versi militer muncul dari program ini, salah satunya dimaksudkan untuk serang ringan / misi dukungan dekat dan yang lainnya untuk operasi kapal.
The Agusta A109 berganti nama menjadi AW109 mengikuti penggabungan Finmeccanica SpA dan anak helikopter masing GKN plc Agusta Westland Helicopters dan membentuk AgustaWestland. Untuk berbagai tahun, fuselages untuk AW109 telah dibuat oleh PZL-Świdnik, yang kemudian menjadi anak perusahaan dari AgustaWestland pada tahun 2010. Pada bulan Juni 2006, pesawat-500 disampaikan oleh PZL-Świdnik, menandai 10 tahun kerjasama di AW109 antara kedua perusahaan.

Sejarah Operasional Helikopter AW 109

Pada tahun 1982 Tentara Argentina mengerahkan tiga A109As ke Falklands Islands. Mereka beroperasi dengan Armada Helikopter Argentina (9 UH-1H, 2 CH-47C dan 2 puma) di recconoisance dan peran penghubung. Salah satu helikopter hancur di tanah oleh serangan Inggris Harrier. Dua lainnya ditangkap dan dikirim ke Eropa pada HMS Fearless. Angkatan Darat Inggris Air Corps memutuskan untuk menggunakan helikopter mereka dalam Operasi Domestik (8 penerbangan AAC digunakan mereka untuk mendukung penyebaran resimen SAS di Inggris) dan sangat puas, membeli dua A109s tambahan yang pensiun pada tahun 2009.
Sebuah penjualan A109 Agusta untuk angkatan bersenjata Belgia pada tahun 1988 kemudian memunculkan skandal suap; menuduh bahwa Agusta telah diberikan Partai Sosialis Belgia lebih dari 50 juta franc Belgia untuk mengamankan penjualan. Skandal ini menyebabkan pengunduran diri dan kemudian keyakinan Sekretaris Jenderal NATO Willy Claes.
Pada bulan Agustus 2008, Scott Kasprowicz dan Steve Sheik memecahkan rekor kecepatan putaran dunia menggunakan pabrik-standar AgustaWestland Grand, dengan waktu 11 hari, 7 jam dan 2 menit. The A109S Grand juga merupakan helikopter tercepat dari New York ke Los Angeles.
Pada bulan Juli 2013, Angkatan Udara Afrika Selatan melaporkan bahwa 18 AW109s secara efektif telah beralasan karena kurangnya dana, hanya kadang-kadang aktif tetapi tidak melakukan penerbangan. The SAAF mengutip sebuah pengurangan dana untuk operasi helikopter sebagai alasan landasan itu, pada 2013, hanya 71 jam penerbangan dialokasikan untuk armada AW109 seluruh. Jenis yang dapat dikurangi untuk terbang VIP bukannya operasional yang mampu; Afrika Selatan juga mempertimbangkan untuk menjual sejumlah AW109s, dan mungkin berhenti operasi helikopter.

 

Varian Helikopter Agusta Westland AW 109

A109A
Model produksi pertama, didukung oleh dua mesin turboshaft Allison Model 250-C20. Hal itu membuat penerbangan pertama pada tanggal 4 Agustus 1971. Awalnya, A109 itu dipasarkan dengan nama "Hirundo" (Latin untuk menelan), tapi ini turun dalam beberapa tahun.

A109A EOA
Versi militer untuk Angkatan Darat Italia.


A109A Mk.II
Upgrade versi sipil dari A109A.

A109A Mk.II MAX
Versi evakuasi aeromedical berdasarkan A109A Mk.II dengan ekstra kabin dan akses yang luas pintu berengsel atas dan bawah, bukan ke satu sisi.

A109B
Versi militer Unbuilt.

A109C
Delapan kursi versi sipil, didukung oleh dua Allison Model 250-C20R-1 mesin turboshaft.

A109C MAX

Versi evakuasi aeromedical berdasarkan A109C dengan kabin dan akses pintu ekstra-lebar berengsel atas dan bawah, bukan ke satu sisi

A109D
Hanya sebuah prototipe

A109E Power
Versi sipil yang ditingkatkan, awalnya didukung oleh dua mesin Turbomeca Arrius 2K1. Kemudian produsen memperkenalkan pilihan untuk dua mesin Pratt & Whitney PW206C untuk digunakan - baik versi tetap dikenal sebagai A109E tersebut. Dipasarkan sebagai AW109E dan Power.

A109E Power Elite
Versi kabin membentang dari A109E Power. Ini memiliki kaca kokpit dengan dua set lengkap instrumen pilot dan sistem navigasi, termasuk autopilot tiga sumbu, Instrumen Landing System auto-digabungkan dan GPS. Ada juga Peta Bergerak Display, radar cuaca dan Alerting Sistem Lalu Lintas.

A109LUH
Varian militer LUH "Cahaya Utilitas Helicopter" berdasarkan Power A109E. Operator termasuk Afrika Selatan Angkatan Udara, Angkatan Udara Swedia, Royal New Zealand Air Force, Nigeria Angkatan Udara, serta Aljazair dan Malaysia.

MH-68A
Delapan pesawat Daya A109E digunakan oleh United States Coast Guard Helicopter Interdiction Tactical Squadron Jacksonville (Jacksonville HITRON) sebagai helikopter jarak pendek larangan bersenjata dari tahun 2000 sampai 2008, ketika mereka digantikan dengan MH-65C Dolphins. Agusta ditunjuk ini pesawat larangan bersenjata sebagai "Mako" sampai US Coast Guard resmi menamakannya MH-68A Stingray pada tahun 2003. HITRON konfigurasi termasuk hoist penyelamatan, mengapung darurat, FLIR, Spectrolab NightSun cahaya pencarian, 7,62 mm senapan mesin M240D dan kaliber .50 senapan sniper Barrett M107 semi-otomatis dengan pemandangan laser.
A109K
Versi militer.

A109K2
Operasi High-altitude and high-temperature dengan roda tetap daripada roda ditarik dari kebanyakan varian A109. Biasanya digunakan oleh polisi, pencarian dan penyelamatan, dan operator ambulans udara.

A109M
Versi militer.

A109KM
Versi militer untuk Operasi high altitude and high temperature.

A109KN
Versi angkatan laut.

A109CM
Versi standar militer.

A109GdiF
Versi untuk Guardia di Finanza, Italia Keuangan Guard.

A109BA
Versi dibuat untuk Angkatan Darat Belgia. Berdasarkan A109C dengan landing gear tetap.

A109S Grand
Dipasarkan sebagai AW109 Grand, memiliki versi kabin-upgrade diperpanjang sipil dengan dua Pratt & Whitney Canada PW207 mesin dan diperpanjang baling-baling utama dengan desain ujung yang berbeda dari versi Power.

AW109SP 

AW109 Grand New
IFR, TAWS dan EVS tunggal, terutama untuk EMS.

AW109 Trekker
Sebuah varian dari grandnew dengan meluncur pendaratan tetap meluncurkan pada tahun 2014 awalnya untuk produksi di pabrik Amerika Serikat.

Berikut adalah kumpulan gambar Helikopter Tempur Agusta Westland AW 109 beserta variannya.

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 01
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 01

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 02
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 02

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 03
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 03

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 04
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 04

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 05
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 05

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 06
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 06

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 07
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 07

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 08
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 08

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 09
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 09

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 10
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 10

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 11
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 11

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 12
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 12

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 13
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 13

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 LUH - 14
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 LUH - 14

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 LUH - 15
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 LUH - 15

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 16
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 16

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 17
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 17

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 18
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 18

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 19
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 19

Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 20
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 20

Bidvertiser