Agusta AW 109 adalah
Helikopter ringan, bermesin ganda,
delapan kursi multi-tujuan
dibangun oleh produsen Anglo-Italia AgustaWestland. Dikembangkan sebagai A109
Agusta, helikopter awalnya mulai beroperasi pada tahun 1976 dan sejak itu telah digunakan dalam berbagai peran, termasuk transportasi ringan,
medevac, search-and-rescu, dan peran
militer. AW109 telah
di produksi secara kontinyu selama
40 tahun. AgustaWestland AW119
merupakan turunan dari AW109, perbedaan utama
adalah bahwa hal itu didukung
hanya oleh mesin tunggal
sebagai gantinya.
Desain dan Pengembangan Helikopter AW 109
Pada akhir 1960-an, Agusta
merancang A109 sebagai
helikopter komersial bermesin tunggal. Hal ini segera disadari bahwa desain twin-mesin dibutuhkan dan itu dirancang ulang
pada tahun 1969 dengan dua mesin turboshaft Allison 250-C14. Sebuah versi militer
diproyeksikan (yang A109B) dianggap awal
tapi Agusta awalnya memilih untuk tidak mengejar pembangunan,
bukan berkonsentrasi pada versi A109C delapan
kursi. Yang pertama dari tiga prototipe melakukan penerbangan
perdananya pada tanggal 4 Agustus 1971. Penerbangan tahap
pengujian pembangunan itu berkepanjangan, yang mengarah ke pesawat produksi pertama yang selesai hampir empat tahun kemudian pada bulan April 1975. Penyerahan produksi
A109s dimulai pada awal tahun 1976.
Setelah dirilis, pesawat tak lama menjadi sukses
secara komersial, yang sering
digunakan untuk peran selain
sebagai transportasi ringan; ini termasuk peran
ambulans udara dan pencarian dan penyelamatan. Pada tahun 1975, Agusta kembali lagi ke kemungkinan versi militer, sehingga
uji coba dilakukan antara tahun 1976 dan 1977 menggunakan total lima A109As
dilengkapi dengan Hughes Aircraft
rudal TOW. Dua
versi militer muncul dari program ini, salah satunya dimaksudkan untuk serang
ringan / misi dukungan dekat dan yang
lainnya untuk operasi kapal.
The Agusta A109 berganti nama menjadi AW109 mengikuti penggabungan
Finmeccanica SpA dan
anak helikopter masing GKN plc Agusta Westland Helicopters dan
membentuk AgustaWestland. Untuk berbagai tahun, fuselages
untuk AW109 telah
dibuat oleh PZL-Świdnik, yang kemudian menjadi anak perusahaan dari
AgustaWestland pada tahun 2010. Pada bulan Juni 2006, pesawat-500
disampaikan oleh PZL-Świdnik, menandai 10
tahun kerjasama di
AW109 antara kedua perusahaan.
Sejarah Operasional Helikopter AW 109
Pada tahun 1982 Tentara Argentina
mengerahkan tiga A109As ke Falklands
Islands. Mereka
beroperasi dengan Armada Helikopter Argentina (9 UH-1H, 2 CH-47C dan 2
puma) di recconoisance dan peran penghubung. Salah satu helikopter hancur di
tanah oleh serangan Inggris Harrier. Dua lainnya ditangkap dan dikirim ke Eropa
pada HMS Fearless. Angkatan Darat Inggris Air Corps memutuskan untuk
menggunakan helikopter mereka dalam Operasi Domestik (8 penerbangan AAC
digunakan mereka untuk mendukung penyebaran resimen SAS di Inggris) dan sangat
puas, membeli dua A109s tambahan yang pensiun pada tahun 2009.
Sebuah penjualan A109 Agusta untuk
angkatan bersenjata Belgia pada tahun 1988 kemudian memunculkan skandal suap;
menuduh bahwa Agusta telah diberikan Partai
Sosialis Belgia lebih dari 50
juta franc Belgia untuk mengamankan penjualan. Skandal ini menyebabkan
pengunduran diri dan kemudian keyakinan Sekretaris Jenderal NATO Willy Claes.
Pada bulan Agustus 2008, Scott
Kasprowicz dan Steve
Sheik memecahkan rekor kecepatan putaran dunia menggunakan pabrik-standar
AgustaWestland Grand, dengan waktu 11 hari,
7 jam dan 2 menit. The A109S Grand juga merupakan helikopter tercepat dari
New York
ke Los Angeles.
Pada bulan Juli 2013, Angkatan Udara Afrika Selatan melaporkan bahwa 18 AW109s
secara efektif telah beralasan karena kurangnya dana, hanya
kadang-kadang aktif tetapi tidak
melakukan penerbangan. The SAAF mengutip
sebuah pengurangan dana untuk
operasi helikopter sebagai alasan
landasan itu, pada
2013, hanya 71 jam penerbangan dialokasikan untuk armada AW109
seluruh. Jenis yang dapat dikurangi untuk terbang VIP bukannya operasional
yang mampu; Afrika Selatan juga mempertimbangkan
untuk menjual sejumlah AW109s,
dan mungkin berhenti
operasi helikopter.
Varian Helikopter Agusta Westland AW 109
A109A
Model produksi pertama, didukung oleh dua mesin
turboshaft Allison Model 250-C20. Hal itu membuat penerbangan pertama pada tanggal 4 Agustus 1971. Awalnya, A109 itu
dipasarkan dengan nama "Hirundo" (Latin untuk menelan), tapi ini turun
dalam beberapa tahun.
A109A EOA
Versi militer untuk Angkatan
Darat Italia.
A109A Mk.II
Upgrade versi sipil dari A109A.
A109A Mk.II MAX
Versi evakuasi aeromedical berdasarkan
A109A Mk.II dengan
ekstra kabin dan
akses yang luas pintu berengsel atas dan bawah, bukan ke satu sisi.
A109B
Versi militer Unbuilt.
A109C
Delapan kursi versi sipil,
didukung oleh dua Allison Model 250-C20R-1 mesin turboshaft.
A109C MAX
Versi evakuasi aeromedical berdasarkan
A109C dengan kabin dan akses pintu ekstra-lebar
berengsel atas dan bawah, bukan ke satu sisi
A109D
Hanya sebuah prototipe
A109E Power
Versi sipil
yang ditingkatkan, awalnya didukung oleh dua mesin Turbomeca Arrius 2K1. Kemudian
produsen memperkenalkan pilihan untuk dua mesin Pratt & Whitney PW206C
untuk digunakan - baik versi tetap
dikenal sebagai A109E tersebut. Dipasarkan sebagai
AW109E dan Power.
A109E Power Elite
Versi kabin membentang dari
A109E Power. Ini
memiliki kaca kokpit dengan dua
set lengkap instrumen pilot dan sistem navigasi, termasuk autopilot tiga
sumbu, Instrumen Landing
System auto-digabungkan dan GPS. Ada
juga Peta Bergerak Display, radar cuaca
dan Alerting Sistem
Lalu Lintas.
A109LUH
Varian militer LUH
"Cahaya Utilitas Helicopter" berdasarkan Power A109E. Operator
termasuk Afrika Selatan Angkatan Udara, Angkatan Udara Swedia, Royal New Zealand Air
Force, Nigeria Angkatan Udara,
serta Aljazair dan
Malaysia.
MH-68A
Delapan pesawat Daya A109E
digunakan oleh United
States Coast Guard Helicopter Interdiction
Tactical Squadron Jacksonville (Jacksonville HITRON) sebagai helikopter jarak pendek
larangan bersenjata dari tahun 2000 sampai 2008,
ketika mereka digantikan dengan
MH-65C Dolphins.
Agusta ditunjuk ini
pesawat larangan bersenjata
sebagai "Mako" sampai US Coast Guard resmi
menamakannya MH-68A
Stingray pada tahun 2003. HITRON konfigurasi termasuk
hoist penyelamatan, mengapung darurat, FLIR,
Spectrolab NightSun cahaya pencarian, 7,62
mm senapan mesin M240D
dan kaliber .50 senapan
sniper Barrett M107 semi-otomatis dengan pemandangan laser.
A109K
Versi militer.
A109K2
Operasi High-altitude
and high-temperature dengan roda tetap
daripada roda ditarik
dari kebanyakan varian
A109. Biasanya digunakan
oleh polisi, pencarian dan penyelamatan,
dan operator ambulans udara.
A109M
Versi militer.
A109KM
Versi militer untuk Operasi high altitude and
high temperature.
A109KN
Versi angkatan laut.
A109CM
Versi standar militer.
A109GdiF
Versi untuk Guardia di Finanza,
Italia Keuangan Guard.
A109BA
Versi dibuat untuk Angkatan Darat Belgia. Berdasarkan A109C
dengan landing gear tetap.
A109S Grand
Dipasarkan
sebagai AW109 Grand,
memiliki versi kabin-upgrade diperpanjang sipil
dengan dua Pratt &
Whitney Canada PW207
mesin dan diperpanjang
baling-baling utama dengan desain ujung yang
berbeda dari versi Power.
AW109SP
AW109 Grand New
IFR, TAWS dan EVS tunggal, terutama untuk EMS.
AW109 Trekker
Sebuah varian dari grandnew dengan
meluncur pendaratan tetap meluncurkan pada tahun 2014 awalnya untuk produksi di
pabrik Amerika Serikat.
Berikut adalah kumpulan gambar Helikopter Tempur Agusta Westland AW 109 beserta variannya.
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 01 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 02 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 03 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 04 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 05 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 06 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 07 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 08 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 09 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 10 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 11 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 12 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 13 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 LUH - 14 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 LUH - 15 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 16 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 17 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 18 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 19 |
Gambar Helikopter Agusta Westland AW 109 - 20 |